Fridus Muga : Mimpi Menjadi Berkat Bagi Banyak Orang (Dream)

 

Memperkenalkan calon bupati Ngada dari Jalur Independen

(3)

Mendeskripsikan MIMPI (DREAM) merupakan strategi  ‘penuntun’ dalam berkegiatan.  Ia  membentuk energi penggerak yang menyemangati seseorang untuk terus berjuang menggapai apa yang  dicita-citakannya.   Fridus Muga bermimpi menjadi berkat bagi lebih banyak orang dengan mencalonkan diri menjadi   Bupati Ngada.   

Ada filosofi hidup yang tertanam kuat dalam benaknya. Kita mendapatkan rejeki  dan penghasilan karena  ‘keterlibatan banyak orang”. Kebahagiaan yang kita alami bukan diperoleh dari banyaknya rejeki yang diperoleh atau harta yang dikumpulkan. Kebahagiaan diperoleh justru ketika kita berbagi berkat bagi orang lain.  Puncak kebahagiaan terjadi ketika  kemampuan yang kita miliki  diubah menjadi berkat bagi orang lain. 

Peran yang akan dimainkan oleh seorang bupati adalah bagaimana menggunakan jabatan tersebut  sebagai berkat bagi banyak orang. Kapasitas, pengalaman, ketrampilan dan wewenang yang dimiliki tidak digunakan untuk diri sendiri tetapi bagi banyak orang. Esensi berkat ada di situ.  Ketika seseorang dipercaya menjadi pemimpin, tugasnya bukan mengumpulkan sesuatu  (harta, kedudukan, kenikmatan dan kemewahan) semata tetapi membagi sesuatu berupa kemampuan pemikiran, kedalaman hatinya , karya tangannya dan kebijakannya) sehingga bermanfaat bagi banyak orang. 

Filosofi itu sudah dipraktekkan ketika memperjuangkan kehadiran Perguruan Tinggi di Ngada. Citra Bakti  merupakan bentuk implementatif bagaimana Bapak Fridus memberikan  berkat bagi  masyarakat Ngada.  Para guru, mahasiswa, orangtua, masyarakat di sekitar kampus merasakan berkat itu. Agar berkat itu semakin banyak dirasakan oleh masyarakat Ngada atau dirasakan oleh lebih banyak orang, maka Fridus Muga  saat ini sedang berjuang meraih  MIMPI menjadi bupati Ngada. 

 

Berbekalkan mimpi personal, seseorang harus menerjemahkannya dalam program implementatif yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Design program merupakan langkah strategis untuk mewujudkan mimpi. Masyarakat Ngada yang sejahtera  harus diterjemahkan dalam program nyata (design).

 

Surabaya, 18 Agustus 2020

Eddy Loke

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panggilan Hidup Membiara

Panggilan Karya/Profesi

Tantangan dan Peluang untuk Membangun Keluarga yang Dicita-citakan