Kolaborasi Gerakan Literasi Melalui Pustaka Bebas Bea


Mojokerto-Penggagas Gerakan Katakan dengan Buku (GKdb) John Lobo Selasa (17/7) mengirimkan 153 paket buku ke berbagai simpul pustaka yang tersebar di Indonesia.Buku-buku tersebut diperoleh dari hasil donasi masyarakat baik perseorangan maupun lembaga. Pengiriman buku gratis Free Cargo Literacy (FCL) diputuskan oleh Presiden Joko Widodo dan dilaksanakan oleh PT Pos Indonesia (Persero) setiap bulan pada tanggal 17, yakni tanggal Proklamasi dan Hari Buku Nasional.

Free Cargo Literacy (FCL) atau Pustaka Bebas Bea (PBB) digagas untuk memmecahkan secara relatif menyeluruh problem akses, agar semua warga bisa berperan dan mengambil manfaat dalam gerakan penyebaran ilmu. Agar setiap orang yang memenuhi syarat dapat mengirim dan menerima paket buku di mana pun di Tanah air.Melalui gerakan ini berton-ton buku akan mengambang menentang gravitasi, menggelintar di langit 10.000 meter dari permukaan laut, dan tiba di tangan para relawan di berbagai penjuru untuk disebar ke tengah masyarakat di seluruh Tanah air.

Kolaborasi yang dibangun antara GKdb, PT.Pos dan Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) sangat bernilai dari sebuah kemandirian.Dalam membangun kesalingtergantungan kami mengumpulkan kekuatan bersama menjadi sebuah koalisi besar dengan tujuan akhir , demi generasi emas Indonesia. GKdb telah memperlihatkan sebuah potensi besar dan menakjubkan yaitu melengkapi kekuatan gerakan dengan kekuatan pihak lain untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.

Menurut John Lobo Gerakan Katakan dengan buku merupakan  gerakan literasi untuk menjawab keterbatasan yang dimiliki oleh anak-anak dalam mengakses berbagai informasi yang berkualitas melalui bacaan bermutu yang mampu membawa dampak poisitif bagi perkembangan kognitif ,sikap dan kehidupan religiositasnya.lebih lanjut John mempertegas perihal trend yang berkembang saat ini dalam hal pemberian hadiah sebagai simbol pengikat rasa antara sesama. Akan lebih keren jika kita memanfaatkan buku sebagai simbol penghargaan dan keakraban dengan sesama bahkan simbol pengikat emosi antara satu dengan yang lainnya.

Ketika sedang memantau proses penataan buku di kantor Pos Mojokerto John menghimbau kepada masyarakat, “ jika ingin mendonasikan buku layak baca bisa menghubungi kantor Pos setempat atau langsung menghubungi dirinya melalui kontak pribadi 081232408612 atau langsung mengantar buku ke rumah inspirasi Gerakan katakan dengan buku yang berada di Graha japan Asri blok HH, Sooko Mojokerto”.(John Lobo)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panggilan Hidup Membiara

Panggilan Karya/Profesi

Tantangan dan Peluang untuk Membangun Keluarga yang Dicita-citakan