Geliat Literasi dari Lekosoro

Bajawa.Flores- Pegiat literasi sekaligus pengelola taman baca Ratu Damai, asal Nusa Tenggara Timur Bonefasius Zanda pada Sabtu (28/7) mengajak anak-anak mulai dari usia Kelompok Bermain (KB) hingga remaja (SMA) berkumpul di rumahnya untuk melakukan aksi literasi bersama". Aktivitas yang dilakukan antara lain membaca dan menulis serta mengerjakan tugas yang diberikan dari sekolah.
Gagasan menghidupkan literasi di tempat tinggalnya tersebut terinspirasi dari John Lobo penggagas Gerakan Katakan dengan Buku (GKdB) yang juga guru SMA Negeri 3 Kota Kediri Jawa Timur. Melalui blog pribadinya, Bonefasius menulis bahwa buku-buku yang berada di simpul pustaka yang dikelolanya itu berasal dari gerakan tersebut. Sudah dua kali mendapatkan kiriman buku, bahkan dengan penuh keyakinan guru SMA Regina Pacis Bajawa itu menyampaikan bahwa kiriman buku ini akan terus berlanjut.
Gerakan literasi yang dimulai dari lingkungan sekitar rumahnya memiliki tujuan yang mulia yakni secara perlahan-lahan mengikis perilaku anak yang suka hura-hura di jalanan dan memblokir mental anak yang sering bermain internet dan juga nonton TV yang berujung pada pengkulturan sikap dan mental instan. Jika kita terus membiarkan anak-anak hanya dengan menonton dan juga bermain internet, maka akan berdampak pada rusaknya mata dan juga sel otak. Hal ini sejalan dengan penegasan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, MA dalam seminar Hari Anak Nasional 2018 (ANTARA News, 16/7).
Secara tegas pengajar mata pelajaran Sosiologi berpesan agar setiap simpul pustaka tidak hanya rajin minta buku tapi minus tindakan konkrit, sehingga bisa jadi buku-buku berkualitas yang dikirim secara rutin itu, rusak dan tidak ada faedahnya. Kerja konkrit kita yang dimulai dari rumah tempat tinggal kita merupakan bentuk kepedulian dan penghargaan terhadap kerja keras tim Gerakan Katakan dengan Buku.(John Lobo)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panggilan Hidup Membiara

Panggilan Karya/Profesi

Tantangan dan Peluang untuk Membangun Keluarga yang Dicita-citakan