Buku untuk Tulang Bawang


Mojokerto-Taman baca Ceria (Cerdas dan Gembira) yang terletak  di Jl.Raya Menggala KM.108 Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang propinsi Lampung mendapatkan donasi berbagai judul buku dari para donatur.Melalui akun Facebooknya, pengelola taman baca Chris Mini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gerakan Katakan dengan Buku (GKdB), Pustaka Bergerak Indonesia (PBI), dan PT.Pos Indonesia atas atensi dan kolaborasinya yang telah mendukung upaya menghidupkan gerakan literasi di daerah setempat.

Penggagas Gerakan Katakan dengan Buku, Yohanes D Lobo menyampaikan bahwa partisipasi gerakan yang dimulainya sejak tahun 2013 telah mengumpulkan ratusan ton buku dari para donatur baik perorang maupun dari kelompok masyarakat, dan lembaga. Pengiriman buku gratis ini diputuskan oleh Presiden Joko Widodo dan dilaksanakan oleh PT Pos Indonesia (Persero) setiap bulan pada tanggal 17, yakni tanggal Proklamasi dan Hari Buku Nasional. Untuk mencegah penyalahgunaan, data pengirim atau penerima, harus tercantum di pangkalan data PT Pos Indonesia. Begitu terdaftar, setiap pengirim boleh mengirim paket sebanyak mungkin ke alamat yang berbeda, dengan nama yang berbeda dan setiap penerima boleh mendapat kiriman dari sebanyak mungkin pengirim yang berbeda.

Katakan dengan buku hadir sebagai media alternatif untuk membangun budaya tanding (budaya baca) di tengah gencarnya kepungan media Sosial yang meliputi banyak situs jejaring social yang membawa pengaruh yang sangat besar terhadap kepribadian anak secara utuh, ungkap Yohanes. Selain itu, gerakan ini juga bisa dijadikan media untuk membangun rasa nasionalisme dan menyadarkan masyarakat akan pentingny spirit berbagi. Dengan berbagi, para donatur dan masyarakat penerima buku merasa saling dikuatkan yang terikat dalam rasa persaudaraan (John Lobo)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panggilan Hidup Membiara

Panggilan Karya/Profesi

Tantangan dan Peluang untuk Membangun Keluarga yang Dicita-citakan