ATM : Amati, Tiru, Modifikasi

Debat kandidat bupati Ngada pada hari, Jumat (1/10/2020) yang lalu muncul gagasan besar dari setiap paslon untuk membangun dan menyejahterakan (mengamankan dan memakmurkan) masyarakat dari berbagai sektor seperti; pariwisata, pertanian, peternakan, dll. Ada paslon menjadikan pariwisata sebagai penggerak utama, ada paslon yang akan membangun desa menata kota, dan berbagai slogan lainnya.

Gagasan, mulai dari misi, visi dan implementasi dalam program yang disampaikan saat debat entah itu hasil dari mengamati kemudian meniru selanjutnya memodifikasi dari yang sudah ada sebelumnya  atau hasil salin temple dengan cara memindahkan yang sudah dibuat dari oleh orang lain ataupun kandidat lain bahkan mungkin dari daerah lain bagi saya tidak masalah. Apa yang terbaik di negara atau kabupaten lain silahkan dipelajari, adopsi dan modifikasi yang penting selaras dengan siatuasi dan kondisi yang ada di Ngada.

Beberapa alasan tentang konsep ATM antara lain ; pertama, mengingat menciptakan sesuatu yang sama sekali baru itu tidak mudah. Kedua, membutuhkan waktu yang relative lama dan butuh dana yang tidak sedikit  sementara masyarakat butuh eksekusi cepat dan anggaran daerah kita terbatas. Ketiga, memiliki resiko gagal yang jauh lebih besar dibandingkan jika memodifikasi sesuatu yang sudah ada.

Jika orang di daerah lain sudah melakukannya, mengapa harus memulainya dari awal ? . Akan sangat efisien jika terpilih nanti aktivitas menyempurnakan dan memodifikasi apa yang telah dilakukan oleh orang lain sangat mudah. Belajar dan perbaiki terus menerus. Memang memodifikasi lebih ampuh dari mencipta. 

Hindari  aksi menghambur-hamburkan waktu dan uang hanya untuk bereksperimen tentang sesuatu yang baru, silahkan modifikasi dan sempurnakan apa yang sudah ada. Maksimalkan ASN untuk belajar dari kisah sukses dan kegagalan orang lain.

Jangan lupa kekuatan identitas lokal tetap ditonjolkan, mengingat hal itu merupakan spirit kehdiupan dan roh masa depan. Identitas lokal adalah akar bermuaranya sebuah kehidupan (no life without roots).

John Lobo-06/10/20

 

 

Komentar


  1. Numpang promo ya Admin^^ (f)
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^ x-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panggilan Hidup Membiara

Panggilan Karya/Profesi

Tantangan dan Peluang untuk Membangun Keluarga yang Dicita-citakan